BALAI BESAR PENGEMBANGAN LATIHAN KERJA MEDAN

1.1. Pembukan Pelatihan (PBK)

Pelatihan Berbasis Kompetensi : Kejuruan PARIWISATA, Sub Kejuruan MAINTENANCE ENGINEERING

    Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan dibawah binaan Direktorat Jendral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan ada untuk mempersiapkan Calon Tenaga Kerja yang siap bersaing di industri pasar kerja. BBPLK Medan melakukan perubahan peningkatan kapasitas dan kapabilitas untuk melakukan peningkatan pelatihan kerja bagi Angkatan Kerja Indonesia agar mampu mengisi pasar global, dan menciptakan lapangan kerja secara profesional dan mandiri. 

    Didalam hal ini BBPLK Medan mengembangkan program pelatihan berbasis kompetensi (PBK) dan pelatihan berbasis masyarakat yang bersertifikat. Dengan 2 Kejuruan Unggulaan saat ini, yaitu Bangunan dan Pariwisata, BBPLK Medan membuka beberapa program pelatihan baik untuk paket Boarding maupun Non Boarding Tahun Anggaran 2019. 

    Dalam kesempatan pada tulisan ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengikuti Pelatihan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja dengan Kejuruan Pelatihan Maintenance Engineering, Dalam tahun 2020 disaat banyak terjadi para pekerja dirumahkan/di-PHK karena dampak dari COVID-19 dimana kita para jobseeker harus dapat mengembangkan/meningkatkan ilmu dalam mengikuti Pelatihan atau Seminar melalui online agar kita tidak mengalami ketinggalan dalam perkembangan baik di lingkungan serta di bidang industri.

    Pada awal bulan Februari-Juni saya aktif dalam mengikuti seminar online tentang perkembangan industri, tentang ketenagalistrikan, energy atau bagaimana menjadi enterpreneur yang baik dan benar hehee mana tau bisa menjadi pengusaha dikemudian hari, disaat saya aktif dalam bermedia sosial saya tidak sengaja membaca tentang sebuah pelatihan di web BBPLK Medan dan saya coba mengikuti pada awal bulan Juli, saya aktif untuk mengupdate pada web BBPLK Medan dan Puji Tuhan Yesus saya melihat ada pembukaan Pelatihan Maintenance Engineering pada tanggal 26 Juli 2020 dengan tanpa ragu dan berpikir panjang dengan semangat saya langsung melihat tata cara pendafatran agar dapat mengikuti pelatihan dengan persyartan sebagai berikut:

1.2. Pengumuman Pelatihan

1.3. Hasil Seleksi Calon Pelatihan ME

    Setelah saya melengkapi file untuk administrasi, saya mengikuti jadwal Seleksi dan Wawancara dengan peserta sekitar 70 orang dan hanya 16 orang yang dapat mengikuti pelatihan yang telah disesuaikan dan ditetapkan oleh Kementrian Ketenagakerjaan RI. Dengan usaha dan doa saya dapat mengikuti tahap selanjutnya Daftar Ulang Pelatihan dan siap mengikuti Pembukaan Pelatihan.

    Pada Hari Selasa, 04 Agustus 2020 adalah awal saya mengikuti Pembukaan Pelatihan yang dibawakan oleh para pejabat BBPLKI Medan dan dengan narasumber dari Sekjen APINDO adalah sebuah Asosiasi Pengusaha Indonesia dan Founder Innovam Medan, yang dimana Innovam adalah sebuah wadah dalam mendidik tenaga muda terampil dibidang otomotif.

    Pada Hari Rabu, 05 Agustus 2020 - Jumat 07 Agustus 2020 kami para peserta pelatihan mengikuti kelas soft skill baik yang dibawakan oleh Bapak IPTU Chairuddin dari Polrestabes Medan dengan topik Peraturan dan Tata Tertib dalam Berlalu Lintas. Dan mengikuti kelas bersama pelatih dari BBPLK tentang soft skill dalam kepemimpinan serta pengenalan para peserta. Lalu pembelajaran tentang Kebangsaan, Penyalagunaan Narkoba. Tidak hanya itu kami juga dilatihan oleh Security yang telah profesional untuk PBB Pelatihan Baris-Berbaris untuk nantinya dapat melakukan Aple Pagi dan Sore setiap hari.

1.4. Ruang Kelas Pelatihan Soft Skill 

    Di BBPLK Medan kami juga difasilitasi baik pakaian yang akan digunakan dalam pelatihan dan pakaian olahraga yang digunakan khusus di hari jumat, di BBPLK medan juga kita yang pelatihan Non Boarding juga mendapatkan makan siang dari secara gratis. 

    Dalam Pelatihan Berbasis Kompetensi kejuruan PARIWISATA dengan sub kejuruan MAINTENANCE ENGINEERING, yang nantinya diharapkan dapat mempelajari ilmu serta mengimplementasikan pelatihan di industri dan dapat menjadi pelaku usaha dalam melakukan perbaikan-perbaikan peralatan rumah tangga/industri dan meningkatkan mutu dalam SDM di Indonesia khususnya di Medan. Dengan harapan pelatihan yaitu: 

1. Memahami tentang sistem ketenagalistrikan dalam perhotelan/industri
2. Mehahami tentang sistem pendingin Air Conditioning
3. Memahami tentang Plambing dalam teknologi pemipaan